Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com

Tuesday, October 29, 2013

SOROTAN TERHADAP KONSUMEN DI MASA DEPAN

Konsumen di masa mendatang akan berbeda dengan nenek moyangnya dalam pola pembelian. Konsumen di masa depan nampaknya lebih menyukai mendengar dan merasakan sendiri, bertindak demi kepentingan sendiri, makin terlihat dalam pengarahan bisnis, dan menjadikan pasar bekerja lebih baik. 


1. Pergeseran Ekonomi
Banyak pergeseran dan trend akan mempengaruhi perilaku konsumen serta pasar dalam waktu sepuluh sampai dua puluh tahun mendatang
Contohnya :

a. Pergeseran produksi ke konsep kegunaan ( utility ) dengan dimensi seperti keramahan pemakai, kualitas, pelayanan, jaminan dan modifikasi produk.
b. Dari kelompok individu ke kerjasama yang lebih besar, saling berkepentingan, saling berkaitan dan keterlibatan pribadi.
c. Dari perekonomian regional dan nasional ke perekonomian saling berhubungan secara global, dengan kegiatan usaha multinasional, perdagangan internasional, jarinan global dan menyeluruh
d. Dari industri tradisional ke industri berteknologi tinggi yang kaya informasi, mudah menyesuaikan, berkiblat pada R & D.
e. Dari tenaga fisik tak terdidik ke tenaga terdidik untuk melakukan kegiatan usaha dilakukan oleh tenaga - tenaga berpendidikan, penelitian, perangkat lunak dan komputer.

Trend ekonomi tersebut di atas beberapa diantaranya akan mempunyai pengaruh besar terhadap perilaku konsumen di masa mendatang, yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : Tidak ada perang yang berarti, lebih mewah dan kaya, angkatan kerja lebih berpendidikan,keluarga lebih kecil, hidup lebih sehat dan lebih lama, lebih banyak kegiatan mencari informasi, penduduk bersifat mobil, makin tinggi kehendak untuk mencari yang baru. 



2. Pengaruh Gaya Hidup
Masa depan konsumen menunjukkan ketergantungan terhadap produk dan didominasi oleh produk. Bayangkan apa yang terjadi ketika mobil, AC, telpon, atau komputer sudah meluas. Kehidupan terganggu dan rencana berubah dengan cepat. Ketika rumah, kantor, pabrik dan toko eceran menjadi otomatis maka mesin menjadi dominan, dimana konsumen makin tergantung pada produk - produk itu. 

Demikian pula pengaruh TV dan mobil. TV telah merubah cara penggunaan waktu dalam kehidupan konsumen. Ini mempengaruhi pola dan pembelian barang konsumsi, karena sore hari banyak yang tinggal dirumah nonton TV. Mobil telah menjadikan pusat belanja berada agak jauh dari kota. Liburan telah banyak dipengaruhi oleh adanya mobil. Mobil telah pula berpengaruh terhadap industri yang berkaitan dengan produk seperti : ban, bensin, kaca dan sebagainya. Telekomunikasi juga akan mempengaruhi cara belanja, cara hidup,perilaku dan pikiran.

Teknologi komunikasi memungkinkan konsumen melakukan pembelian melalui interaksi sistem video, jaringan komputer dan telpon. Bagi orang - orang yang hendak berbelanja akan tersedia toko pengecer. Para pengecer akan mengkhususkan diri di bidang barang - barang, jaminan, kualitas, nilai pelayanan, citra dan keadaan toko. Supermarket makin menjadi modern dan modelnya makin canggih. Toko ini akan menyediakan makanan ( fast food ), check-out yang cepat, mini banking dan berbagai pelayanan tidak terkecuali pada langganan.

Penyiaran teletext akan mengganti media iklan yang mahal. Dengan menekan tombol, konsumen dapat memilih iklan mana yang disukai. Ini akan mempengaruhi bentuk iklan yang sekarang. Teletext merupakan iklan masa mendatang dengan strategi pemasaran langsung. Pemasaran langsung akan mengirim secara langsung pesan - pesan melalui laser disk yang berisikan katalog dan penawaran oleh berbagai perusahaan.

Keberhasilan pemasaran masa mendatang memerlukan lebih besar komitmen internasional dari pada sebelumnya. Persaingan akan makin hebat di pasar global melalui strategi produsen harga rendah, strategi relung internasional dan adanya spesialisasi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka manajemen, strategi dan perumusan perencanaan di masa mendatang hendaknya digambarkan sebagai berikut :

- Makin memfokuskan keberhasilan bisnis
- Dilakukan dalam batas waktu yang ketat
- Lebih fleksibel, efisien dan efektif
- Makin tanggap untuk munculnya peluang - peluang dan pemecahan masalah langganan
- Koordinasi makin dekat
- Efektif untuk jangka pendek, karena gejolak yang ada makin cepat
- Makin kerap direvisi 


D. SIMPULAN 


Hal - hal yang telah diuraikan di atas merupakan hambatan dan sekaligus merupakan peluang. Akan merupakan peluang bila perusahaan dapat selalu mengikuti perubahan. Sebaliknya ia akan merupakan ancaman bila perusahaan tidak mau melakukan perubahan. Dalam pemasaran masa depan manajemen puncak akan memperoleh manfaat bila ia menggunakan petunjuk - petunjuk berikut dalam benaknya : 
Penyusunan informasi mengenai trend dan pasar di masa mendatang sama pentingnya dengan informasi lain 
Lingkungan pemasaran yang berubah akan memerlukan perubahan pemikiran pemasaran, jenis proses dan metode operasinya 
Kesiapan dan kemauan eksekutif pemasaran dalam menghadapi masa depan 
Merubah kegiatan pemasaran akan menjadi lebih mudah dari pada merubah pikiran manusia. Tetapi pengembangan pemikiran yang berbeda - beda adalah penting sekali.
Dari pemikiran tersebut, maka menejemen hendaknya menganggap bahwa perubahan sebagai sesuatu hal yang normal. Belajar terus mengadakan perbaikan - perbaikan, 
penemuan - penemuan dan menjaga fleksibelitas. Pemasaran dipandang sebagai agen perubahan yang bertindak sebagai alat penyesuai secara terus menerus. 

Ini berarti informasi masa depan menjadi sangat berharga dan merupakan program kegiatan untuk meningkatkan input bagi kegiatan mendatang. Berfikir kemasa depan menjadi pertimbangan pokok. Pemasaran masa depan merupakan pintu untuk dibuka menuju kemajuan bangsa. 


DAFTAR PUSTAKA 
Boyd, H. W, O. C. Walker, Jr , Marketing Management : A Strategy Approach, Singapura, 1992 
Churchill Jra.G.A. Marketing Research : Metodological Foundations. Fort Worth : Dryden,1991 
Glueck & Janch, Business Policy : Text and Cass, Mc Graw - Hill Book Co,4th Edition,1994 
Hawkins,Del, I,Cooney, Kenneth, Consumer Behavior : Implications for Marketing Strategy,Dallas Business Publication Inc., 1990 
Jain, Subhash C, International Marketing Management, Belmont : Wadsworth, 1993 
Lazer W . , La Barbera P. , Mac Lachlan Jm . , Smit AE. , Marketing 2000 and Beyond, American Marketing Association ( AMA ). Chicago, Illionis,199 



0 comments:

Post a Comment