Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com

Monday, July 15, 2013

Apa itu Benefit

Benefit.Menurut Remenyi (2001, p295) “benefit is a term used to indicated an advantage, profit or gain attained by an individual or organization”, yang dapat diartikan benefit adalah cara yang dapat digunakan untuk mengindikasikan suatu laba, keuntungan atau peningkatan yang di dapat oleh individu atau organisasi. 



Sejalan dengan harapan dari CEO dan manajemen senior untuk melihat peningkatan yang nyata terhadap bisnis dari hasil investasi teknologi informasi, konsep dari IT benefit telah meluas menjadi IT value. Definisi dari IT value selalu berkaitan dengan IT benefit dengan kinerja bisnis. Dengan kata lain, semua benefit yang dihasilkan harus dapat di hitung atau diukur secara ekonomis. Ada dua tipe IT benefit yang secara umum digunakan yaitu tangible dan intangible benefit. Meningkatnya permintaan untuk menilai dan mengukur IT benefit, telah terbentuk lebih detil dari tipe IT benefit. Berdasarkan observasi dari tipe IT benefits 


1. Type of measurement. Dapat berupa kualitatif atau kuantitatif. 


2. Level of measurement. Dapat pada sistem, proses, atau tingkat organisasi 

3. Degree of complexity. Derajat kerumitan. 



 Komponen Cost Benefit Analysis 



Menurut Frederick H. Wu (1983, p189) yang dikutip oleh Prabantoro (2010), komponen biaya yang berhubungan dengan pengembangan sebuah sistem informasi dapat diklasifikasikan dalam empat kategori, yaitu : 


1. Procurement Cost 

Procurement Cost atau biaya pengadaan adalah semua biaya yang dikeluarkan berkaitan dengan pengadaan hardware. Diantaranya adalah seperti : biaya konsultasi pengadaan hardware, biaya pembelian hardware, biaya instalasi hardware, biaya fasilitas (ruang, ac), biaya modal untuk pengadaan hardware, biaya manajerial dan personalia untuk pengadaan hardware. Biaya pengadaan ini biasanya dikeluarkan pada tahun-tahun pertama (initial cost) sebelum sistem dioperasikan, kecuali apabila pengadaan hardware dilakukan dengan cara leasing. 







2. Start Up Cost 



Start Up Cost atau biaya persiapan operasional adalah semua biaya yang dikeluarkan sebagai upaya membuat sistem siap untuk dioperasionalkan. Biaya-biaya persiapan operasional meliputi : biaya, pembelian, komunikasi/jaringan, biaya reorganisasi, biaya manajerial dan personalia untuk persiapan operasional. Sama dengan biaya pengadaan, biaya persiapan operasional ini juga merupakan “initial cost”. Software sistem informasi berikut instalasinya, biaya instalasi perangkat. 


3. Project Related Cost 

Project Related Cost atau biaya proyek adalah biaya yang berkaitan dengan biaya mengembangkan sistem termasuk biaya penerapannya. Biaya proyek diantaranya adalah : biaya analisis sistem seperti biaya untuk mengumpulkan data, biaya dokumentasi (kertas, fotocopy), biaya rapat, biaya staff analis, biaya manajerial dalam tahap analisis sistem; biaya disain sistem; seperti biaya dokumentasi, biaya rapat, biaya staff analis, biaya staff pemrograman, biaya pembelian software aplikasi, biaya manajerial dalam tahap desain sistem, biaya penerapan sistem; seperti biaya pembuatan form baru, biaya konversi data, biaya pelatihan sumber daya manusia, biaya manajerial dalam tahap penerapan sistem. Bila sistem dikembangkan secara “outsourcing” dengan menggunakan konsultan dari luarperusahaan, maka diperlukan biaya tambahan, yaitu biaya konsultasi. 

4. Ongoing and Maintenance Cost 



Ongoing and Maintenance Cost atau biaya operasional adalah biaya untuk mengoperasikan sistem agar sistem dapat beroperasi dengan baik. Sedangkan biaya perawatan adalah biaya untuk merawat sistem dalam masa pengoperasionalannya. Yang termasuk biaya operasi dan perawatan sistem adalah: biaya personalia (operator, staff administrasi, staff pengolah data, staff pengawas data), biaya overhead (telepon, listrik, asuransi, keamanan, supplies), biaya perawatan hardware (reparasi,service), biaya perawatan software (modifikasi program, penambahan modul program), biaya perawatan peralatan dan fasilitas, biaya manajerial dalam operasional sistem, biaya kontrak untuk konsultan selama operasional sistem, biaya depresiasi. Biaya operasional dan perawatan biasanya terjadi secara rutin selama usia operasional sistem.

0 comments:

Post a Comment