Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com

Tuesday, August 27, 2013

Hubungan pengetahuan dengan sikap terhadap aborsi

Hubungan pengetahuandengan sikap terhadap aborsi. Pengetahuan dalam penelitian ini adalah segala pengetahuan dari responden mengenai aborsi, seperti pengerian aborsi, jenis-jenis aborsi, penyebab aborsi dan sebagainya. Armiwulan, 2004 (dalam Pustakanet.wordpress.com,2008) mengungkapkan bahwa pengetahuan tentang aborsi mencakup bentuk-bentuk antara lain pengertian aborsi, jenis-jenis aborsi, risiko aborsi, aborsi aman (safe abortion), norma agama tentang aborsi, serta pandangan hukum positif Indonesia tentang aborsi.
Tabel 3 menunjukkan bahwa responden yang mempunyai pengetahuan yang baik lebih cenderung memiliki sikap positif terhadap aborsi yaitu 285 responden (92,8%) dibandingkan dengan yang memiliki sikap negatif yaitu 22 responden (7,2%). Begitu halnya dengan responden yang mempunyai pengetahuan negatif umumnya juga cenderung memiliki sikap positif terhadap aborsi yaitu 30 responden (89,0%).
Hasil uji statistik dengan Chi-Square diperoleh nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini berarti ada hubungan antara pengetahuan yang cukup dengan sikap yang positif terhadap aborsi pada wanita usia subur di Kelurahan Tamalanrea Makassar. Hasil uji statistik dengan koefisien φ (phi) diperoleh nilai phi = 0,314. Hal ini berarti terdapat hubungan sedang antara pengetahuan yang cukup dengan sikap yang positif terhadap aborsi pada wanita usia subur di Kelurahan Tamalanrea Makassar.
Hubungan tingkat pendidikan dengan sikap terhadap aborsi
Tingkat pendidikan dalam penelitian ini adalah jenjang pendidikan yang pernah dijalani responden. Tingkat pendidikan ini dibagi menjadi dua kategori yaitu rendah dan tinggi.
Tabel 3 menunjukkan bahwa responden yang memiliki tingkat pendidikan tinggi cenderung memiliki sikap positif terhadap aborsi yaitu 261 responden (90,9%) dibandingkan dengan sikap yang negatif terhadap aborsi yaitu 26 responden (9,1%), sedangkan responden yang memiliki tingkat pendidikan rendah mayoritas memiliki sikap positif terhadap aborsi yaitu 54 responden (85,7%) dibandingkan dengan sikap yang negatif terhadap aborsi yaitu 13 responden (19,4%).
Hasil uji statistik dengan Chi-Square diperoleh nilai p = 0,015 (p < 0,05). Hal ini berarti ada hubungan antara tingkat pendidikan yang tinggi dengan sikap yang positif terhadap aborsi pada wanita usia subur di Kelurahan Tamalanrea Makassar. Hasil uji statistik dengan koefisien φ (phi) diperoleh nilai phi = 0,129. Hal ini berarti terdapat hubungan lemah antara tingkat pendidikan yang tinggidengan sikap yang positifterhadap aborsi pada wanita usia subur di Kelurahan Tamalanrea Makassar.

0 comments:

Post a Comment