Compare hotel prices and find the best deal - HotelsCombined.com

Thursday, August 1, 2013

Tempat Penginapan Ronna's Hostel Cheap Medan


Tempat Penginapan ala backpacker lebih mudah dikenali dengan istilah hostel atau guesthouse. Mungkin banyak yang mengira Hostel adalah nama lain dari Hotel, namun faktanya bukan. Umumnya nama hostel digunakan di Eropa, sementara kawasan Asia lebih dikenal dengan nama guesthouse. Guesthouse banyak ditemukan di kota-kota besar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri penginapan ini lazim disebut Losmen.

Penamaan Losmen merupakan pengantian istilah asing (guesthouse) ke nama Indonesia berdasarkan peraturan pemerintah. Penjelasan dibawah mungkin bisa sedikit memberikan gambaran tentang penginapan untuk para backpacker/independent traveler.

Ronna's Hostel yang terletak di Jl Sm Raja Dekat Mesjid Raya. Ini menjadi satu tempat penginapan yang sangat ramai di kunjungi (visit) tourisman atau pun para wisatawan lokal namun yang paling sering saya melihat disini adalah para turis asing. Banyak turist asing menginap disini kerena mungkin memberikan harga yang lebih murah dan service yang baik (give the best service ) bara pengunjung yang menginap disana.

Ronna's Hostel letaknya juga sangat strategis karena sangat dekat sekali dengan mesjid raya dan juga istana maimun (Istana kerajaan Deli) dan akses jalan pun mudah menuju kesana.


Ada 3 hal utama yang membedakan penginapan untuk para backpacker ini, selanjutnya sebut saja penginapan ini hostel. Pertama harga yang ditawarkan hostel kadang sangat murah dibandingkan hotel kelas melati atau hotel bintang 3, dengan fasilitas yang lebih dari cukup. Misalnya di Singapore ada hostel dengan tarif USG10, dengan harga itu kita sudah bisa mendapatkan kamar yang bersih. Pagi hari kita mendapatkan sarapan sederhana (roti, telur, teh/kopi hangat) serta fasilitas internet gratis.

Yang kedua adalah kamar yang kita inapi umumnya disediakan beberapa pilihan. Ada pilihan single room dengan satu tempat tidur untuk 1 orang, double room, triple, dan tentunya dormitory room. Dormitory sebuah ruang / kamar yang bisa dipakai beramai-ramai atau istilahnya sharing room. Untuk para penginap dipisahkan antara pria dan wanita. Tapi banyak juga yang digabung berada dalam satu ruangan. Tempat tidurnya dengan model bunkbed (2 atau 3 tingkat tempat tidur) serta ada juga yang single. Jika beruntung pada saat low seasson / bukan musim liburan, kadang hostel sepi dari para penginap dan biasanya kita bisa mendapatkan kamar buat sendiri.

Ketiga, selain harga yang murah serta pilihan kamar tidur yang tidak berbeda dengan hotel. Umumnya hostel memberikan keleluasaan para penginap untuk bebas beraktifitas atau interraktif dengan tamu lainnya. Hostel lebih bebas / bersahabat dan terasa hommy (serasa di rumah sendiri). Beberapa ruang publik bisa dinikmati seperti nonton bareng acara TV, makan minum di ruang makan, atau sekedar mengobrol bersama di ruang santai.

Walau berkesan kelas backpacker jangan salah kira, hostel semacam ini umumnya mempunyai manajemen pengelolaan yang rapi. Pemesanan kamar bisa dilakukan dengan melalui internet, pembayaran tidak perlu dengan tunai, mereka menerima pembayaran melalui kartu kredit.
- See more at: http://www.seruu.com/informasi/travel-seruu/artikel/apa-sih-hostel-itu#sthash.mU4Uv5HC.dpuf

0 comments:

Post a Comment