Kasus : Pemesanan tiket pesawat terbang pada Perusahaan
‘Gatotkaca’ airlines.
Dalam rangka meningkatkan devisa Negara melalui sektor
pariwisata, diadakan tahun diskon untuk semua customer. Pemesanan tiket dapat
dilakukan melalui telepon atau datang langsung ke bagian pemesanan. Perusahaan
akan memberikan diskon pada customer perorangan atau rombongan ( terdiri min.
10 org). ketentuan besarnya diskon sbb :
-
Jika
waktu penerbangan weekend (Sabtu,Minggu) , maka akan diberi diskon untuk
perorangan sebesar 10% & rombongan 20%.
-
Jika
waktu penerbangan weekday (Senin s/d jumat), maka akan diberi diskon untuk :
..Perorangan, bila tiket dipesan 3 minggu atau lebih sebelum jadual
penerbangan akan diberi diskon 10%, jika tidak , maka tidak ada diskon.
..Rombongan, bila tiket dipesan 3 minggu atau lebih sebelum jadual
penerbangan, maka diskon sebesar 25%, jika tidak dapat diskon sebesar 15%.
-
Setiap
kali ada pemesanan tiket, maka akan dilakukan cek persediaan tempat duduk
berdasarkan nomor pesawt dan jadual
penerbangan.Jika masih ada yang kosong , maka customer akan dicatat pada file
pemesanan, jika ternyata tidak ada yang kosong, maka perusahaan akan memberikan
informasi penolakan dan informasi jadual penerbangan yang lain.
-
Jika
pemesanan tiket diterima, maka perusahaan akan memberikan bukti pembayaran dan
tiket pada customer.
## Asumsi :
-perusahaan hanya menjual 1 jenis tiket penerbangan (seperti
mis;
Garuda)
-pembayaran lunas dilakukan pada saat pesan tiket.
-untuk rombongan, diskon hanya berlaku pada satu jadual
penerbangan
-penerbangan tidak dibedakan kelas eksekutif/bisnis/ekonomi.
0 comments:
Post a Comment